S I S K (Cerita) >> Kupu-kupu **Just Bryan's | Blog Putih Biru . .: S I S K (Cerita) >> Kupu-kupu
I'm reading: S I S K (Cerita) >> Kupu-kupuTweet this!

Ada yang masih ingat dengan SISK? SISK adalah singkatan dari Setengah Isi Setengah Kosong, sebuah buku yang sudah sedikit aku ceritakan di postingan sebelumnya. Kenapa aku singkat SISK ya karena kepanjangan dibuat judul..hehehe. Di Setengah Isi Setengah Kosong sebelumnya berisi tentang beberapa Quote dan kali ini atas beberapa komentar yang masuk(Walaupun cuma sedikit) aku ingin berbagi tentang beberapa cerita/kisah di dalamnya di blog putih biru ini, mungkin aku akan menceritakan 3-5 cerita/kisah (Perpostingan 1 kisah) dari total 63 cerita(sisanya cari bukunya dan baca sendiri ya). Cerita/kisah yang kupilih pertama adalah tentang Kupu-Kupu. berikut ceritanya..


Seorang anak sedang bermain dan menemukan kepompong kupu-kupu di sebuah dahan yang rendah. Diambilnya kepompong tersebut dan tampak ada lubang kecil disana. Dia tertegun mengamati lubang kecil itu karena terlihat ada seekor kupu-kupu yang sedang berjuang untuk keluar membebaskan diri melalui lubang tersebut.Lalu tampak kupu-kupu itu berhenti mencoba, dia kelihatan sudah berusaha semampunya dan tampaknya sia-sia untuk keluar melalui lubang kecil di ujung kepompongnya.

Melihat fenomena ini itu si anak menjadi iba dan mengambil keputusan untuk membantu si kupu-kupu untuk keluar dari kepompongnya. Dia pun mengambil gunting, lalu membuka badan kepompong dengan guntingnya agar sang kupu-kupu bisa keluar dan terbang dengan leluasa.

Begitu kepompong terbuka, kupu-kupu pun keluar dengan mudahnya. Akan tetapi, ia masih memiliki tubuh gembung dan kecil, sayap-sayapnya tampak masih berkerut. Anak itu pun mulai mengamatinya lagi dengan seksama sambil berharap agar sayap kupu-kupu tersebut berkembang sehingga bisa membawa si kupu-kupu mungil itu terbang menuju bunga-bunga yang ada di taman. Harapan tinggal harapan, apa yang ditunggu-tunggu si anak tidak kunjung tiba. Kupu-kupu tersebut terpaksa menghabiskan sisa hidupnya dengan merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap yang masih berkerut serta tidak terbentang dengan sempurna. Kupu-kupu itu, akhirnya tidak pernah mampu terbang.

Si anak yang membantu mengeluarkan kupu-kupu dari kepompong itu, rupanya tidak mengerti bahwa kupu-kupu perlu berjuang dengan daya usahanya sendiri untuk membebaskan diri dari kepompongnya. Lubang kecil yang perlu dilalui kupu-kupu tersebut akan memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu itu masuk ke dalam sayap-sayapnya sehingga dia akan siap terbang dan memperoleh kebebasannya.



Mungkin sudah ada yang pernah mendengar cerita diatas karena aku sendiri sudah beberapa kali tahu cerita ini dalam pelatihan tapi dalam bentuk powerpoint dan lebih singkat.
Aku tidak ingin menjabarkan hikmah dari cerita diatas dengan panjang lebar, cukuplah kata-kata Thomas Alva Edison sudah mewakili..

"HIDUP adalah perjuangan. Hidup adalah kerja keras, bahkan untuk meraih keberhasilan diperlukan keringat dan air mata"

Selebihnya mungkin ada pendapat lain tentang cerita diatas dipersilahkan.
Dan kebetulan aku juga punya slide powerpoint tentang cerita diatas yang aku dapat dari pelatihan. Bagi yang berminat bisa mendowload DISINI.

Silahkan Di Baca Juga



11 comments:

nico said...

bijak sekali kau bos... :))

Cebong Ipiet said...

hennah pas bwt motivasi yg lagi down

arqu3fiq said...

Bagus bry teruskan. Aku mengikutinya. Kalau punya bukunya boleh pinjam. hehehehehe........

casual cutie said...

casual cutie belum pernah baca, bacanya baru disini

あり said...

HIDUP adalah perjuangan. Hidup adalah kerja keras, bahkan untuk meraih keberhasilan diperlukan keringat dan air mata"
"SETUJU* akhirnya bisa comment juga, templatenya makin keren aja :) kapan ganti layout sepertinya dulu nda gini ya??

aR_eRos said...

pertamax sek
komen'e minggu depan ae ya

aR_eRos said...

waduh kasian kupu2nya
niat baik ingin menolong malah berujung petaka

Fenty Fahmi said...

hoo, begitu :)

ndop said...

mungkin pesannya adalah bahwa menolong itu seperlunya, kalau dimintai tolong, jadi ndak semua yang susah itu perlu ditolong..

mie2nk said...

wah, klo ada bukunya boleh pinjem??

soalnya bisa buat motivasi neh sepertinya,,,,

Just Bryan said...

@nico: bukan aku, bukunya..
@cebong: iyah..kebetulan aq lgi down..
@arqu3fiq&mi2nk: dibilangin, aq juga pinjem ruang baca jurusan..
@Casual cutie: silahkan dibaca kalo gitu..
@あり: perasaan layoutku ttep tapi sekarang agak berubah biar lbih ringan..
@Eros: Iya kasian makanya jgn ditolong..
@Fenty: Iya..
@Ndop: Iya juga ya, tpi maksud crita ini bukan itu..

Silahkan Berkomentar

Saya sangat menghargai apapun bentuk komentarnya selama bukan SPAM dan tidak menyinggung SARA..hehehe
Bagi yang meninggalkan jejak disini mari tukeran link..

Blogilicious de Surabaya