I'm reading: Untuk MahasiswaTweet this!

SUMPAH MAHASISWA
Kami... Mahasiswa Mahasiswi Indonesia Bersumpah
Bertanah air satu.. Tanah air TANPA PENINDASAN

Kami... Mahasiswa Mahasiswi Indonesia Bersumpah
Berbangsa satu... Bangsa yang GANDRUNG akan KEADILAN

Kami... Mahasiswa Mahasiswi Indonesia Bersumpah
Berbahasa satu... BAHASA KEBENARAN


Peran dan Fungsi Mahasiswa
1.Social Control
2.Moral Force
3.Agent of Change
4.Iron Stock

Beberapa lagu perjuangan

Totalitas Perjuangan

Kepada Para Mahasiswa...
Yang Merindukan Kejayaan...
Kepada Rakyat Yang Kebingungan...
Di Persimpangan Jalan...

Kepada Pewaris Peradaban...
Yang Telah Menggoreskan...
Sebuah Catatan Kebanggaan...
Dilembar Sejarah Manusia...

Wahai Kalian Yang Rindu Kemenangan...
Wahai Kalian Yang Turun Kejalan...
Demi Mempersembahkan Jiwa Dan Raga...
Untuk Negeri Tercinta...


Darah Juang


Disini Negeri Kami...
Tempat Padi Terhampar...
Samuderanya Kaya Raya...
Tanah Kami Subur Tuan...

Di Negeri Permai Ini...
Berjuta Rakyat Bersimbah Luka...
Anak Kurus Tak Sekolah...
Pemuda Desa Tak Kerja...


Mereka Dirampas Haknya...
Tergusur dan Lapar...
Bunda Relakan Darah Juang Kami...
Untuk Membebaskan Rakyat...


Buruh Tani


Buruh Tani Mahasiswa Rakyat Miskin Kota...
Bersatu Padu Rebut Demokrasi...
Gegap Gempita Dalam Satu Suara...
Demi tugas suci yang mulia...

Hari-hari Esok Adalah Milik Kita...
Terciptanya Masyarakat sejahtera...
Terbentuknya Tatanan Masyarakat...
Indonesia Baru Tanpa ORBA...

Marilah Kawan Mari Kita kabarkan...
Ditangan Kita Tergenggam Arah Bangsa...
Marilah Kawan Mari Kita Nyanyikan...
Sebuah Lagu Tentang Pembebasan...

Di Bawah Kuasa Tirani...
Kususuri Garis Jalan Ini...
Berjuta Kali Turun Aksi...
Bagiku satu Langkah Pasti...

"Memperingati SUMPAH PEMUDA, 28 Oktober 1928
Dan salah satu bagian dari pemuda : MAHASISWA"


baca kelanjutannya dan kasih comment.. »»
I'm reading: Cowok Vs Cewek dan TipsnyaTweet this!

Akhirnya minggu lalu sudah terlewati,minggu yang berat karena ada 2 kegiatan yang menyita pikiran dan tenaga tapi juga berkesan. untuk kesannya di lain waktu akan kuceritakan dan sekarang seperti biasa aku ingin berbagi tulisan yang ada di komputerku tentang cowok dan cewek yang menurutku lucu dan kalau dipikir-pikir memang benar jadi silahkan dinikmati dan ada tipsnya juga buat cowok maupun cewek.

Cowok dan cewek itu sebenernya telah berevolusi secara fisik tapi masih membawa kebiasaan dari cowok-cewek jaman purba. Pas jaman purba kan cowok berburu, cewek tinggal di gua. Cowok melindungi,cewek mengurus anak. Sebagai akibatnya, tubuh dan otaknya pun berkembang mengikuti kebiasaan jaman purba ini.

Selama jutaan tahun, struktur otak cowok dan cewek terus berubah dengan caranya masing-masing. Sampailah kita pada jaman modern ini, di mana ternyata cowok dan cewek itu berbeda dalam memproses informasi yang masuk ke otaknya. Jalan pikirannya memang berbeda. Pengertiannya akan suatu hal pun berbeda. Persepsi,prioritas dan tingkah lakunya juga beda. Contohnya, ada dalam kasus-2 berikut ini.
KASUS MENTEGA DI KULKAS

Setiap cewek di dunia pasti pernah mengalami ini. Kisahnya berawal dari cowok yang berdiri di depan kulkas yang terbuka...

Cowok : "Menteganya mana ya ?"

Cewek : "Di dalem kulkas"

Cowok : "Nggak ada tuh" - sambil celingak-celinguk ke dalem kulkas...

Cewek : "Kok bisa nggak ada ? Dari dulu juga ditaruh di kulkas"

Cowok : "Mana ? Nggak ada. Gue udah cari. Nggak ada apa-apa tuh di kulkas"

Terus si Cewek akhirnya harus ikutan ke dapur ikutan ngelongok ke kulkas dan... secara ajaib bin sulap, tangannya udah megang mentega. Apa komentar selanjutnya dari si Cowok ? "Ditaruhnya di situ sih... terang aja tadi nggak keliatan !"

Kejadian semacam ini juga terulang kembali, ketika si cowok mencari selai Strawberry dan tidak ketemu. Dia hanya menemukan selai Nanas, padahal mungkin selai Strawberry itu ada di belakang selai Nanas. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa otak cowok mencari kata M-E-N-T-E-G-A atau kata S-T-R-A-W-B-E-R-R-Y di kulkas. Kalo kotak mentega atau botol selai yang ada tulisannya menghadap ke arah lain, udah nggak keliatan deh.

Sebenernya ada implikasi lain dari perbedaan besar sudut pandang ini. Dengan sudut pandang yang jauh lebih besar dari cowok, mata cewek bisa ngelaba tanpa perlu takut ketahuan. Sementara kalo cowok, udah pasti kena tuduh atau ketangkep basah kalo matanya lagi jelalatan. Penelitian mengungkapkan bahwa mata cewek ngeliat bodi-bodi cowok sama seringnya, bahkan lebih sering, daripada cowok ngeliatin bodi-bodi cewek. Tapi, dengan daya pandang yang jauh lebih superior, cewek jarang ketahuan...

COWOK CUMAN BISA MELAKUKAN SATU HAL PADA SUATU WAKTU !

Semua penelitian yang ada menemukan bahwa otak cowok lebih terspesialiasi, terbagi-bagi .Otak cowok berkembang sedemikian sehingga mereka hanya dapat berkonsentrasi pada satu hal yang spesifik pada suatu saat, sehingga sering mereka bilang mereka bisa ngerjain semuanya tapi harus 'satu-satu donk'.

Kalo cowok minggirin mobil untuk baca peta, biasanya dia juga akan ngecilin suara radio atau tape. Banyak cewek yang bingung kenapa. Kan bisa aja baca peta sambil denger radio dan bicara. Kenapa cowok bersikeras ngecilin suara TV kalo ada telepon ? Atau kadang cewek suka bingung "Kalo dia lagi baca koran atau nonton TV, kok dia nggak bisa denger tadi gue bilang apa ?"

Jawabannya adalah karena sedikit sekali jaringan yang menghubungkan otak kiri dan kanan cowok , sehingga kalo cowok yang lagi baca koran atau nonton TV di-scan otaknya, kita bakal tau bahwa dia seketika itu juga jadi tuli. Sementara otak cewek punya konstruksi yang memungkinkan cewek melakukan banyak hal sekaligus.

Cewek bisa melakukan banyak hal yang sama sekali nggak berhubungan pada waktu bersamaan , dan otaknya nggak pernah putus, selalu aktif ! Cewek bisa bicara di telpon, pada saat yang sama masak di dapur dan nonton TV. Atau dia bisa nyetir, dandan, dengerin radio dan bicara lewat hands-free.

STRATEGI SEPATU BIRU ATAU EMAS

Alkisah Bambang dan Fenny sedang siap-siap untuk pergi ke pesta. Fenny baru aja beli baju baru dan pengen banget keliatan cantik. Dia pegang 2 pasang sepatu, sepasang warna biru, sepasang warna emas. Lalu dia bertanya ke Bambang, dengan pertanyaan yang paling ditakutin cowok, "Bang, yang mana yang musti Fenny pake dengan baju ini ya ?". "Ahh... umm... yang mana aja yang kamu suka Sayang,"
Gitu jawab Bambang. "Ayo donk Bang," kata Fenny lagi,nggak sabaran, "!" jawab Bambang. " Yang mana yang keliatan lebih bagus ... yang biru atau yang emas ?" "Kayaknya yang emas deh Emangnya yang biru kenapa ?" tuntut Fenny. "Kamu emang dari dulu nggak pernah suka sama yang Biru ! Aku beli mahal-mahal dan kamu nggak suka, kan ?"

Bambang dalem hatinya mungkin udah dongkol, "Kalo nggak mau denger pendapatku, kok tadi nanya!" Bambang pikir tadi dia disuruh menyelesaikan suatu masalah, tapi ketika masalahnya sudah ia selesaikan, Fenny malah kesel. Fenny sebenarnya sedang menggunakan bahasa yang tipikal cewek alias cuman cewek yang ngerti: bahasa tidak langsung atau kerennya indirect speech.

Fenny sebenernya udah mutusin mo pake sepatu yang mana dan tidak sedang minta pendapat ; yang dia inginkan adalah konfirmasi dari Bambang bahwa ia terlihat cantik. Memang cewek kalo ngomong biasanya menggunakan indirect speech alias memberikan isyarat tentang apa yang sebenarnya dia inginkan. Tujuannya adalah untuk
menghindari konflik atau konfrontasi sehingga bisa terjalin hubungan yang harmonis satu sama lain. Indirect speech biasanya menggunakan kata-kata seperti: 'kayaknya', 'sepertinya' dan sebagainya.

Ketika cewek bicara menggunakan indirect speech ke cewek lain, tidak pernah ada masalah - cewek lain cukup sensitif untuk mengerti maksud sebenarnya. Tapi, bila dipakai untuk bicara dengan cowok, bisa berakibat fatal. Cowok menggunakan bahasa langsung atau direct speech dan mereka mengambil makna sebenarnya dari apa yang
orang lain katakan. Tapi sebetulnya dengan sedikit kesabaran dan banyak latihan, cowok dan cewek bisa kok belajar untuk mengerti satu sama lain.

Jadi kembali ke persoalan sepatu biru atau emas, bagaimana solusinya untuk kaum cowok ? Sangatlah penting bagi kaum cowok untuk tidak memberikan jawaban secara langsung. Bila kita re-wind situasi tadi, Bambang harusnya bertanya , "Kamu udah milih yang mana, Sayang ?" Dan jawaban berikutnya biasanya, "Ehm... Aku pikir aku bisa pake yang emas ..." karena memang pada kenyataannya Fenny udah milih
yang emas. "Kenapa yang emas ?" tanya Bambang, sambil tersenyum cerdik. "Soalnya aku bakal pake asesoris warna emas dan bajuku ada pola keemasannya", demikian jawab Fenny. Bambang kemudian dengan yakin akan bisa menjawab, "Wow ! Pilihan kamu bagus tuh Fen! Kamu bakal keliatan paling cantik nanti !" Dijamin malam itu Bambang akan
sangat bahagia. Masih inget kan betapa frustasinya manusia terhadap pasangan lain jenisnya?? Nah tapi sebetulnya dalam hati kita tuh masih butuh pasangan loh.

SEBETULNYA APA SIH YANG KITA INGINKAN ?

Dalam suatu survey yang melibatkan lebih dari 15 ribu cewek dan cowok umur 17 – 60 tahun, terungkap apa yang cewek inginkan dari partner longtermnya dan apa yang cowok pikir cewek inginkan.

Yang cewek inginkan dari cowok :
1 Kepribadian
2 Humor
3 Sensitivitas
4 Kepandaian
5 Bodi yang bagus

Yang cowok pikir cewek inginkan :
1 Kepribadian
2 Bodi yang bagus
3 Humor
4 Sensitivitas
5 Wajah yang tampan

Studi ini menunjukkan bahwa cowok sebenernya cukup mengerti apa yang cewek-cewek inginkan. Sekarang kita lihat apa yang cowok inginkan dan apa yang cewek pikir cowok inginkan.


Yang cowok inginkan dari cewek :
1 Kepribadian
2 Wajah yang cantik
3 Kepandaian
4 Humor
5 Bodi yang bagus

Yang cewek pikir cowok inginkan :
1 Wajah yang cantik
2 Bodi yang bagus
3 Dada yang besar
4 Pantat yang ok
5 Kepribadian

Ternyata cewek kurang tahu kriteria yang cowok-cowok inginkan sebagai partner hidupnya. Cewek membuat asumsi berdasarkan tingkah laku yang mereka lihat atau dengar tentang cowok, yaitu cowok yang matanya terbelalak dan mulutnya terbuka kalau melihat bodi cewek.

Jadi bisa disimpulkan kalo cowok dan cewek itu memang makhluk paling unik yang Tuhan ciptakan, dan butuh pengertian dari kedua pihak supaya komunikasi dan hubungan cintanya bisa langgeng.Ada beberapa tips khusus nih.

BUAT PARA COWOK

a. AJAK MAKAN
Sejak jaman purbakala cowok sudah bertindak sebagai pencari makan, maka sewajarnyalah membawa cewek pergi makan bisa membangkitkan perasaan cewek. Mengajak cewek makan malam adalah peristiwa penting untuk cewek, walaupun dia sebenarnya nggak laper atau belaga nggak laper (kan lagi diet! ), karena penyediaan makanan
menunjukkan perhatiancowok terhadap kesejahteraan dan kelangsungan hidupnya.

b. BAWALAH BUNGA
Kebanyakan cowok tidak mengerti kekuatan dari seikat bunga segar. Mereka pikir, "Ngapain ngeluarin uang untuk sesuatu yang bakal mati dan dibuang dalam beberapa hari ?" Lebih logis buat cowok untuk memberikan pohon dalam pot karena, dengan perhatian dan perawatan, pohon akan hidup - bahkan bisa dapet untung lagi ! Seperti jualan mangga, duren, dsb. Tapi, cewek tidak melihatnya seperti ini – dia
pengen seikat bunga segar sebagai tanda bahwa si cowok punya perhatian untuknya. Setelah beberapa hari, memang bunganya akan mati dan dibuang, tapi ini memberikan kesempatan untuk si cowok membeli seikat lagi dan memberikan perhatian lagi ke ceweknya.

c. BAHASA TIDAK LANGSUNG
Indirect speech adalah bagian dari cewek dan untuk membangun hubungan dengan cewek, cowok perlu mendengarkan dengan efektif, sambil mengeluarkan 'bunyi mendengarkan' seperti "O...,", "Ehm", dan bahasa tubuh yang tepat. Tidak usah memberikan pendapat atau solusi atau kelihatan bingung. Kalau cewek pengen curhat karena punya masalah, teknik yang harus dipakai cowok adalah dengan bertanya, "Kamu mau aku mendengar sebagai cowok atau cewek ?" kalau dia bilang sebagai cewek, dengarkan aja dan beri dukungan moral.Kalau dia bilang sebagai cowok, bolehlah tawarkan beberapa solusi.


BUAT PARA CEWEK

a. JANGAN INTERUPSI KALAU COWOK LAGI NGOMONG
Kalau ingin berkomunikasi dengan cowok , strategi jitunya adalah jangan menginterupsi kalau dia sedang berbicara. Sebenarnya ini sulit sekali untuk cewek, karena buat cewek ngomong rame-rame itu membangun hubungan dengan sesama dan menunjukkan partisipasi. Cewek juga terdorong untuk mengalihkan pembicaraan supaya si cowok kagum dengan pengetahuannya yang luas atau untuk membuat cowok merasa
penting. Padahal kalimat-kalimat yang dikatakan cowok biasanya berorientasi pada suatu solusi dan dia perlu menyelesaikan kalimatnya, kalau tidak pembicaraan tersebut akan kehilangan maknanya.

b. BAHASA LANGSUNG
Supaya mendapat perhatian dari cowok, beritahukan apa yang ingin dibicarakan dan kapan, dengan kata lain buatlah agenda. Contohnya : "Aku ingin bicara sama kamu soal menangani masalah dengan bosku di kantor. Apakah kita nanti bisa bicara setelah makan jam 7 malam ini ?" Ini lebih menarik untuk cowok, membuatnya merasa dihargai ! Diam saja atau mengggunakan bahasa tidak langsung hanya akan membuat cowok merasa disalahkan dan mereka menjadi defensif.

c. BAGAIMANA MEMOTIVASI COWOK
Cewek biasanya menggunakan kata "bisa": "Kamu bisa telpon aku nanti malam ?" "Kamu bisa jemput aku ?" Ini akan diterjemahkan cowok sebagai tantangan apakah dia bisa melakukannya atau tidak, tapi sama sekali tidak ada komitmen untuk melakukannya. Mereka kadang merasa dimanipulasi dan terpaksa memberikan jawaban "ya". Untuk memotivasi cowok, gunakan pertanyaan langsung untuk mendapatkan
komitmennya. Contohnya, "Nanti malam kamu telpon aku kan ?" menuntut komitmen untuk malam ini dan cowok harus menjawab "ya" atau "Tidak".

d. COWOK TIDAK SUKA DIBERI NASIHAT
Cowok perlu merasa bahwa ia mampu memecahkan masalahnya sendiri. Mendiskusikan masalah dengan orang lain akan membebani orang tersebut. Dia bahkan tidak akan menceritakan masalahnya dengan temannya, kecuali jika dia pikir temannya punya solusi yang lebih baik. Ketika cewek berusaha membuat cowok menceritakan masalahnya, cowok menolak karena ia melihatnya sebagai sikap mengkritik, atau ia
merasa bahwa cewek itu menganggapnya tidak kompeten dan ia punya solusi yang lebih baik dari si cowok. Padahal kenyataannya, maksud si cewek adalah untuk membuatnya merasa lebih baik dan sama sekali bukan tanda-tanda kelemahan. Jadi jangan beri nasihat ke cowok kecuali diminta. Katakan saja bahwa kamu yakin dia mampu menyelesaikan masalahnya.

Di sadur dari :
"Why Men Don't Listen & Women Can't Read Map"
by Allan & Barbara Pease

baca kelanjutannya dan kasih comment.. »»
I'm reading: Pak Nuh - MENDIKNASTweet this!

Postingan saya kali ini tentang profil seorang tokoh yang berhubungan dengan tempat saya sekarang menimba ilmu, Sebelumnya saya mengucapkan selamat dan semoga bisa mengemban tugas dengan baik...Amin

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 17 Juni 1959; umur 50 tahun) adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada KIB I. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai adalah Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (2003-2006).

Mohammad Nuh adalah anak ketiga dari 10 bersaudara. Ayahnya H. Muchammad Nabhani, adalah pendiri Pondok Pesantren Gununganyar Surabaya. Ia melanjutkan studi di Jurusan Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan lulus tahun 1983.

Mohammad Nuh mengawali karirnya sebagai dosen Teknik Elektro ITS pada tahun 1984. Ia kemudian mendapat beasiswa menempuh magister di Universite Science et Technique du Languedoc (USTL) Montpellier, Perancis. Mohammad Nuh juga melanjutkan studi S3 di universitas tersebut.

Nuh menikah dengan drg. Layly Rahmawati, dan ia dikaruniai seorang puteri bernama Rachma Rizqina Mardhotillah, yang lahir di Perancis.

Pada tahun 1997, Mohammad Nuh diangkat menjadi direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS. Berkat lobi dan kepemimpinannya, PENS menjadi rekanan terpercaya Japan Industrial Cooperation Agency (JICA) sejak tahun 1990.

Pada tanggal 15 Februari 2003, Mohammad Nuh dikukuhkan sebagai rektor ITS. Pada tahun yang sama, Nuh dikukuhkan sebagai guru besar (profesor) bidang ilmu Digital Control System dengan spesialisasi Sistem Rekayasa Biomedika.
Ia adalah rektor termuda dalam sejarah ITS, yakni berusia 42 tahun saat menjabat. Semasa menjabat sebagai rektor, ia menulis buku berjudul Startegi dan Arah Kebijakan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (disingkat Indonesia-SAKTI).

Selain sebagai rektor, Mohammad Nuh juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Timur,Pengerus PCNU Surabaya, Sekretaris Yayasan Dana Sosial Al Falah Surabaya, Anggota Pengurus Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya, serta Ketua Yayasan Pendidikan Al Islah Surabaya.
Muhammad Nuh juga dikenal sebagai seorang Kiayi, sering memberi ceramah dan khutbah jumat di berbagai masjid di Surabaya dan dikenal sebagai Ulama.
Pada perombakan kedua Kabinet Indonesia Bersatu, Mohammad Nuh diangkat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika, menggantikan Sofyan Djalil dan menjadi Plt Menteri Budaya dan Pariwisata.

tambahan:

Jakarta, 22/10/2009 (Kominfo-Newsroom) - Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengatakan, sebagai menteri baru di Depdiknas dirinya akan belajar banyak hal tentang pendidikan, dan walaupun latar belakangnya adalah pendidik, namun Nuh mengakui belum mengetahui banyak tentang dunia pendidikan secara menyeluruh.

"Saya akan menyelesaikan semua pekerjaan yang belum selesai, karena ini semua hasil dari program kerja 2009. Untuk tahun 2010 semua sudah diatur, anggaran juga sudah diteken, jadi saya tinggal melanjutkan apa yang sudah diprogramkan sebelumnya," katanya Nuh kepada wartawan di Depdiknas, Jakarta, Kamis (22/10) malam, usai serah terima jabatan dengan Mendiknas (lama) Bambang Sudibyo.
Program utama untuk 100 hari kerja, katanya, yang pertama diharapkan sudah tidak ada lagi sekolah yang bocor atau roboh. "Itu sudah tidak ada lagi dalam cerita dan sejarah, semua sekolah harus dalam kondisi kokoh," katanya.
Pilar kedua, biaya sekolah harus terjangkau. Ia mengakui bahwa untuk mendirikan sekolah yang berkualitas dipastikan memerlukan biaya yang mahal, namun ia akan mengupayakan agar biaya sekolah bisa terjangkau masyarakat.
Ia juga menyatakan agar hasil pendidikan nasional harus menghasilkan lulusan yang berkualitas sehingga bisa langsung dan mudah mendapatkan pekerjaan atau diserap pasar.
Sedangkan mengenai ujian nasional (UN), ia menyatakan akan tetap melanjutkannya. Untuk tingkat SD, katanya, ada UASBN (ujian akhir sekolah berstandar nasional), kemudian untuk tingkat SMP, SMK/MA/SMA ada UN.
"Dari SD sampai SLA hasil dari UN itu sudah bisa diaplikasikan, sehingga ketika anak memasuki jenjang pendidikan berikutnya tidak perlu tes lagi. Tetapi untuk ke jenjang perguruan tinggi, dari SLA belum bisa dipergunakan," katanya.
"Saya tidak akan menghapus, mengurangi atau menambahkan, tetapi melanjutkan program yang sudah dilaksanakan lebih dulu. Kemudian apabila nanti hasil UN di SMA/SMK/MA bisa digunakan untuk masuk ke perguruan tinggi, kenapa tidak?" kata M. Nuh yang sebelumnya adalah Menteri Komunikasi dan Informatika.
Sedangkan mengenai pembiayaan UN yang dinilai masih mahal oleh masyarakat, ia mengatakan sangat mungkin ke depan UN bisa diintegrasikan. "Dengan menggunakan nilai tes atau UN SLA untuk masuk ke perguruan tinggi, maka itu akan mengurangi pembiayaan," katanya. (Ad/ysoel)

sumber:http://www.bipnewsroom.info/

baca kelanjutannya dan kasih comment.. »»
I'm reading: Persepsi dan Pengenalan DiriTweet this!

Ada apa kok tiba-tiba bahas tentang Persepsi dan Pengenalan diri??
Itu karena hari ini saya berkesempatan untuk bertemu orang-orang luar biasa di LKMM PRA-TD FTI dan memandu dua kelas, untuk kelas pertama tentang persepsi dan yang kedua tentang pengenalan diri.
Sebenarnya saya ingin bercerita panjang lebar tentang pengalaman saya memandu hari ini setelah cukup lama tidak memandu tapi kembali lagi karena waktu yang terbatas jadi saya hanya sedikit berbagi tentang dua hal diatas. Tapi lagi-lagi CoPas dari sumber yang saya sebutkan di bawah

I. PERSEPSI
Persepsi pada hakikatnya adalah merupakan proses penilaian seseorang terhadap obyek tertentu


BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI “PERSEPSI” :
Kondisi Fisik à Penglihatan, Pendengaran.
Hubungan Sebelumnya à Setiap orang memiliki pengalaman sehingga hal ini akan mempengaruhi berfikir selanjutnya.
Kepribadian organisme à Kedewasaan, sifat, karakter individu tersebut

SIMPULAN :
Persepsi setiap orang dapat berbeda dengan orang lain, meskipun atas sumber informasi atau rangsang yang sama
Persepsi itu individual!!!
Persepsi bersifat subyektif dan belum tentu benar
Persepsi adalah relatif dan tidak absolut
Persepsi itu selektif

CARA MENYAMAKAN PERSEPSI :
Menunda penarikan simpulan.
Menghimpun informasi sebanyak-banyaknya.
Berupaya melakukan check dan re-check realitas.
Memperkaya perbendaharaan pengetahuan kita
Dll

II. Pengenalan diri

Baik dalam situsai kuliah maupun pergaulan sehari-hari sering ditemui mahasiswa yang terlalu percaya diri atau terlalu rendah menilai dirinya. Disisi lain, ada juga yang lebih mampu melihat kesalahan-kesalahan orang lain daripada kesalahan dirinya. Seperti yang dinyatakan oleh pepatah kuno bahwa Gajah di pelupuk mata tidak tampak, semut di seberang lautan tampak. Mengapa hal itu terjadi? Bagaimana mengatasinya?


Mengenali diri sendiri adalah awal penting untuk maju dan berprestasi. Banyak kegagalan karena gagal memahami diri sendiri. Berbagai alasan dikemukakan untuk mencari kambing hitam atas kegagalan sesorang, padahal keadaan dirinya sendirilah yang gagal memahami dirinya sendiri. Dalam terminologi agama, ada sabda Nabi Muhammad yang mengatakan bahwa ada perjuangan yang lebih besar lagi setelah peperangan ini, yaitu perjuangan melawan diri sendiri. Perkataan ini diucapkan ketika Nabi Muhammad pulang dari peperangan besar, tetapi dikatakan sebagai peperangan kecil dan ketika Nabi beserta rombongan kembali maka dikatakan akan menghadapi peperangan yang lebih besar. Makna perjuangan besar melawan diri sendiri diartikan sebagai bukan saja menaklukkan hawa nafsu, melainkan bagaimana memahami diri sendiri. Dengan memahami diri sendiri maka seseorang akan tahu dimana kelebihan dan kekurangannya sehingga mampu menata diri dengan sebaik-baiknya untuk sebuah kesuksesan

Pengenalan diri merupakan kemampuan seseorang untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap tuntutan yang muncul dari dalam maupun dari luar. Noesjirwan (lihat Koentjoro, 1989)

Pengenalan diri salah satu cara untuk membentuk konsep diri. (Grinder, 1978)
Mengenal diri berarti mengenal needs, emotions, wants, desires, potensi, kemampuan atau ketidakmampuan dalam memutuskan sesuatu. Proses mengenal diri sendiri tidaklah mudah, bukan sekejap dan berlangsung terus menerus.

Sumber: LKMM PRA-TD FTI ITS dan referensi lain terkait Materi LKMM PRA-TD

baca kelanjutannya dan kasih comment.. »»
I'm reading: Kekuatan CintaTweet this!

Sesuai dengan request dari bang Luxsman kumara, lanjutan dari postingan sebelumnya,bab 2 cerpen-cerpen kekuatan cinta: Kekuatan Cinta

Di pegunungan hidup dua suku. Satu tinggal di lembah, sedangkan
satunya lagi di atas gunung. Suatu hari suku gunung menyerang suku lembah dan menjarah seluruh isi desa. Mereka menculik seorang bayi dari salah satu keluarga suku lembah dan membawanya ke atas gunung.

Orang-orang suku lembah tidak tahu bagaimana mendaki gunung. Mereka tidak tahu jalan mana yang digunakan oleh suku gunung. Mereka juga tidak tahu di mana letak desa suku gunung. Juga tidak tahu bagaimana mengikuti jejak-jejak suku gunung di tebing-tebing gunung itu. Meski begitu, mereka mengirim prajurit-prajurit terbaik mereka untuk memanjat gunung dan membawa pulang bayi mereka. Prajurit pertama mencoba memanjat tebing diikuti yang lain. Ketika prajurit pertama gagal, mereka semua pun gagal. Mereka mencoba lagi dengan cara lain. Namun, gagal. Setelah berhari-hari mereka mendaki, mereka hanya bisa memanjat beberapa ratus kaki saja. Suku lembah kehilangan harapan dan putus asa. Akhirnya mereka memutuskan untuk kembali ke desa saja. Semua upaya dilakukan namun gagal.

Ketika mereka sedang bersiap-siap untuk kembali ke desa, tiba-tiba
mereka melihat ibu bayi yang diculik itu sedang menuruni tebing
gunung melewati mereka, sambil menggendong bayinya. Mereka terkejut sekali, bagaimana si ibu itu menuruni tebing yang justru mereka sendiri gagal untuk mendakinya ? Bagaimana si ibu itu bisa memanjat tebing-tebing itu mengalahkan mereka ? Terlebih lagi, mereka melihat si bayi itu telah terselamatkan. Bagaimana mungkin ?

Seorang prajurit menyambut ibu itu dan bertanya, "Wahai ibu, kami
gagal mendaki tebing ini. Bagaimana kamu melakukan semua ini,
mengalahkan seluruh prajurit terkuat ? Bagaimana bisa ? Engkau belum pernah menjadi prajurit!"

Ibu itu mengangkat bahu dan berkata, "Sebab bayi yang diculik itu
bukanlah bayimu. Dan, kalian semua belum pernah menjadi ibu."

Teman, burung tak pernah diajari untuk terbang dan ikan tak pernah
belajar untuk berenang. Semuanya alami. Semua berasal dari naluri.
Hal itu akan hadir pada setiap makhluk yang percaya akan kebesaran Allah. Hanya Allah lah yang memberi kita kekuatan itu.

Teman, cinta memberi kekuatan. Bahkan cinta adalah kekuatan itu
sendiri. Cinta seorang ibu adalah naluri dan alami. Sesuatu yang
hadir dalam jiwa-jiwa yang penuh rasa cinta. Setiap ibu, tak akan
pernah diajari bagaimana mengasihi buah hatinya. Rasa itu akan hadir dengan sendirinya. Kita pun punya rasa itu. Asal kita mau menjalani semua garis-garis yang telah ditentukan-Nya.

Mohon maaf lagi karena masih dalam kesibukan yang amat sangat di bulan ini

baca kelanjutannya dan kasih comment.. »»
I'm reading: Pasir dan BatuTweet this!

Dua orang pengembara sedang melakukan perjalanan. Mereka tengah melintasi padang pasir yang sangat luas. Sepanjang mata memandang hanya ada pasir membentang.Jejak-jejak kaki mereka meliuk-liuk di belakang. Membentuk kurva yang berujung di setiap langkah yang mereka tapaki. Debu-debu pasir yang beterbangan memaksa mereka berjalan merunduk.

Tiba-tiba badai datang. Angin besar menerjang mereka. Hembusannya membuat tubuh dua pengembara itu limbung. Pasir beterbangan di sekeliling mereka. Pakaian mereka mengelepak, menambah berat langkah mereka yang terbenam di pasir. Mereka saling menjaga dengan tangan berpegangan erat. Mereka mencoba melawan ganasnya badai.
Badai reda, tapi musibah lain menimpa mereka. Kantong bekal air minum mereka terbuka saat badai tadi. Isinya tercecer. Entah gundukan pasir mana yang meneguknya. Kedua pengembara itu duduk tercenung, menyesali kehilangan itu. "Ah..,tamatlah riwayat kita," kata pengembara pertama. Lalu ia menulis di pasir dengan ujung jarinya. "Kami sedih. Kami kehilangan bekal minuman kami di tempat ini."

Kawannya, si pengembara dua pun tampak bingung. Namun, mencoba tabah. Ia membereskan perlengkapannya dan mengajak kawannya melanjutkan perjalanan. Setelah lama menyusuri padang pasir, mereka melihat ada oase di kejauhan. "Kita selamat," seru salah seorang di antara mereka. "Lihat, ada air di sana."

Dengan sisa tenaga yang ada, mereka berlari ke oase itu. Untung,
bukan fatamorgana. Benar-benar sebuah kolam. Meski kecil tapi airnya cukup banyak. Keduanya pun segera minum sepuas-puasnya dan mengisi kantong air. Sambil beristirahat, pengembara pertama mengeluarkan pisau genggamnya dan memahat di atas sebuah batu. "Kami bahagia. Kami dapat melanjutkan perjalanan karena menemukan tempat ini."

Pengembara kedua heran. "Mengapa kini engkau menulis di atas batu, sementara tadi kau menulis di pasir ?" Yang ditanya tersenyum. "Saat kita mendapat kesusahan, tulislah semua
itu di atas pasir. Biarkan angin keikhlasan membawanya jauh dari
ingatan. Biarkan catatan itu hilang bersama menyebarnya pasir
ketulusan. Biarkan semuanya lenyap dan pupus," jawabnya dengan bahasa cukup puitis. "Namun, ingatlah saat kita mendapat kebahagiaan. Pahatlah kemuliaan itu di batu agar tetap terkenang dan membuat kita bahagia. Torehlah kesenangan itu di kerasnya batu agar tak ada yang dapat menghapusnya. Biarkan catatan kebahagiaan itu tetap ada. Biarkan semuanya tersimpan."

Keduanya bersitatap dalam senyum mengembang. Bekal air minum telah didapat, istirahat pun telah cukup, kini saatnya untuk melanjutkan perjalanan. Kedua pengembara itu melangkah dengan ringan seringan angin yang bertiup mengiringi.

"Teman, kesedihan dan kebahagiaan selalu hadir. Berselang-seling
mewarnai panjangnya hidup ini. Keduanya mengguratkan memori di
hamparan pikiran dan hati kita. Namun, adakah kita bersikap seperti
pengembara tadi yang mampu menuliskan setiap kesedihan di pasir agar angin keikhlasan membawanya pergi ? Adakah kita ini sosok tegar yang mampu melepaskan setiap kesusahan bersama terbangnya angin ketulusan ?"


"Teman, cobalah untuk selalu mengingat setiap kebaikan dan kebahagiaan yang kita miliki. Simpanlah semua itu di dalam kekokohan hati kita agar tak ada yang mampu menghapusnya. Torehkan kenangan bahagia itu agar tak ada angin kesedihan yang mampu melenyapkannya. Insya Allah, dengan begitu kita akan selalu optimis dalam mengarungi panjangnya hidup ini."

Dari bab 1 cerpen-cerpen kekuatan cinta

NB:Menyempatkan sedikit waktu untuk posting di blog putih biru ini di tengah kesibukan yang membuat pusing

baca kelanjutannya dan kasih comment.. »»
I'm reading: Sumatra - turut berduka citaTweet this!

KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 7,0 SR kembali mengguncang wilayah Sumatera. Kali ini pusat gempa dekat Bengkulu dan Jambi.

Gempa tersebut terjadi Kamis (1/10) pukul 08.52 dan berpusat 46 km tenggara Sungaipenuh, Jambi, atau 54 km Mukomuko, Bengkulu. Pusat gempa tepatnya di koordinat 2,44 Lintang Selatan dan 101,59 Bujur Timur.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Pusatnya di darat pada kedalaman 10 kilometer.

KOMPAS.com — Korban tewas akibat gempa dahsyat yang mengguncang sebagian besar wilayah Sumatera sudah mencapai 464 orang. Adapun 500 orang luka.

Data terbaru ini diungkapkan Tugiyo Bisri, juru bicara Pusat Krisis Departemen Sosial kepada CNN, Kamis (1/10).

Menurut Tugiyo, daerah paling parah akibat gempa adalah Kota Padang, Sumatera Barat, tempat sedikitnya 376 orang terkubur. Korban diperkirakan terus bertambah karena masih banyak korban tertimbun reruntuhan.

Tim evakuasi korban gempa kesulitan memberikan informasi tentang korban tewas dan hilang. Laporan-laporan tidak resmi menyebut korban tewas bisa mencapai ribuan orang.

Rustam Pakaya, kepala Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan mengatakan ribuan orang kemungkinan besar masih terjebak di reruntuhan gedung dan rumah. Diperkirakan korban tewas akibat gempa di Sumatera sebesar korban tewas dalam musibah gempa Yogyakarta 2006 lalu yang menewaskan sekitar 5.000 orang.



baca kelanjutannya dan kasih comment.. »»
Blogilicious de Surabaya