Ceritaku saat Jadi Fasilitator.... **Just Bryan's | Blog Putih Biru . .: Ceritaku saat Jadi Fasilitator....
I'm reading: Ceritaku saat Jadi Fasilitator....Tweet this!


Kelas 17 n Me



Ah, akhirnya ngenet dan kembali di blog putih biru ini..
Setelah 3 hari kemarin(jum'at-Minggu) disibukkan dengan menjadi fasilitator di kegiatan LKMM PRA-TD FMIPA.
Sekilas cerita dan kenanganku bersama 21 mahasiswa baru FMIPA di kelas 17 saat LKMM PRA-TD FMIPA 2008....

Sebelumnya mungkin ada yang bertanya-tanya apa itu LKMM Pra-TD, LKMM sendiri singkatan dari Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa dan Pra-TD itu Pra - Tingkat dasar. Setelah mengetahui singkatanya pasti sudah ada bayangan mengenai kegiatan ini. Bersama PKTI(Pelatihan Karya Tulis Ilmiah), LKMM Pra-TD ini merupakan serangkaian program yang dicanangkan oleh pihak pimpinan ITS bagi mahasiswa baru dan dilaksanakan oleh mahasiswa lama. Untuk LKMM Pra-TD sendiri dilaksanakan di tingkat fakultas dan PKTI nantinya dilaksanakan di jurusan masing-masing. Pra-TD sendiri merupakan pelatihan awal dan dasar bagi mahasiswa karena dalam pelatihan ini diajari tentang bagaimana memanajemen diri. Pelatihan ini juga memiliki jenjang yakni TD(Tingkat Dasar), TM(Tingkat Menengah) dan TL(Tingkat lanjut). Secara singkat, nantinya di TD akan diajari bagaimana memanajemen kegiatan, TM bagaimana memanajemen organisasi, dan TL bagaimana memanajemen massa dan opini publik. Untuk keterangan lebih lanjut bisa langsung kontak ke saya karen jika dijelaskan disini bisa memakan banyak tempat dan waktu..hehe.
Itu tadi sekilas wacana tentang LKMM, Nah sekarang kembali ke topik. Kebetulan peranku di LKMM pra-TD kemarin adalah sebagai fasilitator sesuai dengan KPP(Kegiatan Pasca Pelatihan) PP(Pelatihan Pemandu). Secara singkat lagi, fasilitator adalah orang yang menghandle kelas artinya aku bersama 19 orang temanku mengkondisikan keadaan di kelas, baik saat materi, pergantian materi dan saat istirahat. Oh iya lupa, jumlah maba FMIPA sekitar 499 dan dibagi 20 kelas kecil untuk materi dan 2 kelas besar untuk materi komunal. Aku sendiri kebagian kelas 17, dan ada 21 orang maba(seharusnya 25, tapi menghilang 4), saat dikelas aku ditemani 1 orang sie acara, untuk hari sabtu listy dari biologi dan hari kedua aini dari statistika.
Cerita dimulai...
Seperti yang sudah aku tulis di atas, tugas fasilitator adalah menghandle/mengkondisikan kelas. Untuk hari pertama(Jum'at) peserta dibagi menjadi dua kelas besar dan fasilitatorpun dibagi menjadi dua kelas yakni 10 untuk tiap kelas. Dikarenakan grogi menghadapi setengah jumlah peserta sekitar 250an aku hanya berdiri, riwa-riwi, dan hanya ikut membagikan+mengumpulkan lembar Pre-Test , selebihnya aku serahkan ke teman-temanku yang lain..hehe.
Untuk hari kedua aku full berada di kelas, kelasku berada di ruang J.111 di kimia yang ruangannya nyaman sekali tapi karena ada sedikit trouble fasilitas atau media yang digunakan pemandu saat mengisi materi adalah OHP. Aku benar2 grogi dan bingung mau ngomong apa saat mengawali di kelas dan menunggu pemandu datang. Akhirnya aku berusaha tenang dan mengenalkan diriku setelah itu aku menyuruh membuat jargon dan mengisi perkenalan. Karena awalan yang lancar dan sikap konyolku suasana peserta di kelasku dan aku sebagai failitatorpun cair. Selama dikelas baik saat materi berlangsung maupun di sela materi aku bersikap agak lucu alias konyol entah bersikap kekanak2an atau sedikit usil dll. Dan sudah bisa ditebak saat materi terakhir di kelas ada seorang perwakilan dari kelasku yang memberi kesan dan pesan bahwa aku fasilitator yang konyol dan sip.
Rencananya aku ingin mengumpulkan kembali kelasku sesudah acara ini untuk menyambung silaturahmi dan menambah teman karena kalau di hitung2 aku masih seumuran dengan mereka..hehe.
Sebenarnya banyak yang bisa diceritakan tapi karena waktu yang terbatas jadi segini aja dan selebihnya di sambung lain waktu..

Jargon dari kelasku..


LKMM FMIPA SEVENTEEN!!!!

We Know We can..!!

Be The Best!!!

Weeeeeeeiiii.....Yo!!!!

Silahkan Di Baca Juga



10 comments:

Anas said...

Pertamax.............
selamat ya... pengalaman yang seru..

cempluk said...

Jadi inget ketika jadi peserta LKMM pra TD hingga TD yang gokil abis..ngerjain pemandu pas nerangin materi..hihih..akhirnya saat mengikuti tes LKMM TM, eh..gak masuk..nyesel, mgk gara2 dahulunya pas LKMM TD suka usilin pemateri..:D

Ian said...

Seru banget! jadi pengen ikutan :P

aR_eRos said...

lo poto sayah mana kok ndak aada hahaha
eh kenalin donk sama yang pakai kerudung atas kedua dari kiri hihihihi *dipentung sandal*

ndop said...

itu disuruh bayar berapa teman2nya nongol di blognya sampeyan??? wekekeke...

Just Bryan said...

@Anas: Iya, pengalaman seru..
@cempluk: Wah..Doa'ain aq lolos TM ya, coz rencananya aq jg mw ikut..
@ian: iya seru, masuk ITS aja..hehe
@eros: Bukannya km kmrin tukang fotonya ros,waduh aq lupa namanya, ntar kalo inget ta kenalin..*padahal boong*..hehe
@Ndop : Y ampun ndop, mereka lho yang minta..wkwkwkwk

Zippy said...

Tetep semangat, tetep jalan2, wkekekeke...
Nggak nyambung banget gue, ehehehh...

Inti'x, emg tetep kudu jalin silahturahmi...

aR_eRos said...

*kucek-kucek mata
*carii seng paleng cakep hehehe

oia award ni, diterima ya. silahkan ke blog sayah

Just Bryan said...

@eros: Ada yang cakep ta ros??
Waa..beneran nih dpt award..thnx ya..
Segera ta kerjain PRnya..

dewi said...

briaaann...eh, bryaaannn..!!!

thanks for your comment and support. Perasaan aku gak tau comment nang blogmu yo...

btw, aku juga jadi fasilitator LKMM Pra-TD.
tapi jadi koor konsumsi.
byyyuuuhh....puuweeeegelll yo, ternyata. memberi makan maba se-FTSP yang jumlahe harusnya 800 sekian, jadi 600 sajah. tapi tetep ae pegel. Bru merasakan aku memeberi makan 900an orang termasuk panitia dan pemandu. weleh...weleh...kapok aku. hahaha...

Silahkan Berkomentar

Saya sangat menghargai apapun bentuk komentarnya selama bukan SPAM dan tidak menyinggung SARA..hehehe
Bagi yang meninggalkan jejak disini mari tukeran link..

Blogilicious de Surabaya