Cara Belajar Efektif **Just Bryan's | Blog Putih Biru . .: Cara Belajar Efektif
I'm reading: Cara Belajar EfektifTweet this!

Sepertinya akhir-akhir ini sedang dilanda syndrom males nulis jadi postingannya CoPas..xixixi, tapi CoPasnya dari kompieku sendiri..hehe
Artikel ini baru aku dapat dari temanku Dmuflih, semoga bermanfaat..

They know enough who know how to learn
Henry Brooks Adams


Langkah-langkah belajar efektif adalah mengetahui
•diri sendiri
•kemampuan belajar anda
•proces yang berhasil anda gunakan, dan dibutuhkan
•minat, dan pengetahuan atas mata pelajaran anda inginkan
Anda mungkin belajar fisika dengan mudah tetapi tidak bisa belajar tenis, atau sebaliknya. Belajar apapun, adalah proces untuk mencapai tahap-tahap tertentu.

Empat langkah untuk belajar.
Jawab pertanyan-pertanyaannya. Lalu rencanakan strategi anda dari jawaban-jawabanmu, dan dengan "Pedoman Belajar" yang lain.
1. Mulai dengan masa lalu
Apakah pengalaman anda tentang cara belajar? Apakah anda
What was your experience about how you learn? Did you
•senang membaca? memecahkan masalah? menghafalkan? bercerita? menterjemah?berpidato?
•mengetahui cara menringkas?
•tanya dirimu sendiri tentang apa yang kamu pelajari?
•meninjau kembali?
•punya akses ke informasi dari banyak sumber?
•menyukai ketenangan atau kelompok belajar?
•memerlukan beberapa waktu belajar singkat atau satu yang panjang?
Apa kebiasaan belajar anda? Bagaimana tersusunnya? Yang mana terbaik? terburuk?
Bagaimana anda berkomunikasi dengan apa yang anda ketahui belajar paling baik? Melalui ujian tertulis, naskah, atau wawancara?

2.Teruskan ke masa sekarang
Berminatkah anda?
Berapa banyak waktu saya ingin gunakan untuk belajar?
Apa yang bersaing dengan perhatian saya?
Apakah keadaannya benar untuk meraih sukses?
Apa yang bisa saya kontrol, dan apa yang di luar kontrol saya?
Bisakah saya merubah kondisi ini menjadi sukses?
Apa yang mempengaruhi pembaktian anda terhadap pelajaran ini?
Apakah saya punya rencana? Apakah rencanaku mempertimbangkan pengalaman dan gaya belajar anda?

3.Pertimbangkan proses, persoalan utama
Apa judulnya?
Apa kunci kata yang menyolok?
Apakah saya mengerti?
Apakah yang telah saya ketahui?
Apakah saya mengetahui pelajaran sejenis lainnya?
Sumber-sumber dan informasi yang mana bisa membantu saya?
Apakah saya mengandalkan satu sumber saja (contoh, buku)?
Apakah saya perlu mencari sumber-sumber yang lain?
Sewaktu saya belajar, apakah saya tanya diri sendiri jika saya mengerti?
Sebaiknya saya mempercepat atau memperlambat?
Jika saya tidak mengerti, apakah saya tanya kenapa?
Apakah saya berhenti dan meringkas?
Apakah saya berhenti dan bertanya jika ini logis?
Apakah saya berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)?
Apakah saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan kembali lagi?
Apakah saya perlu mendiskusi dengan "pelajar-pelajar" lain untuk proces informasin lebih lanjut?
Apakah saya perlu mencari "para ahli", guruku atau pustakawan atau ahliawan?

4.Buat review
Apakah kerjaan saya benar?
Apakah bisa saya kerjakan lebih baik?
Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"?
Apakah saya memilih kondisi yang benar?
Apakah saya meneruskannya; apakah saya disipline pada diri sendiri?
Apakah anda sukses?
Apakah anda merayakan kesuksesan anda?

Semoga bermanfaat...






Silahkan Di Baca Juga



3 comments:

Zippy said...

Wah, mantep deh...
Idenya bisa keluar nih...
Tips yang keren sob....
Emang kadang gue suka gak efektif kalo belajar, susah masuk di otak :D

LuxsMan Kumara said...

wah, mencobi sek daku.....
iso gak dibuat jadi "CARA EFEKTIF MENGERJAKAN TA"

arqu3fiq said...

Tapi itu semua tergantung dari dalam diri kita sendiri.

Silahkan Berkomentar

Saya sangat menghargai apapun bentuk komentarnya selama bukan SPAM dan tidak menyinggung SARA..hehehe
Bagi yang meninggalkan jejak disini mari tukeran link..

Blogilicious de Surabaya